Selamat datang di website resmi Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

features Beranda

 
Print

KULTUM RAMADHAN HARI PERTAMA

DI PENGADILAN AGAMA TENGGARONG

Tenggarong | www.pa-tenggarong.net [17/05/2018]

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pada bulan Ramadhan tahun ini Pengadilan Agama Tenggarong kembali mengadakan kultum untuk mengisi waktu istirahat di siang hari, tepatnya setelah sholat dzuhur berjamaah di Musholla Al-Hikmah Pengadilan Agama Tenggarong.

Kamis, 17 Mei 2018, bertepatan dengan 1 Ramadhan 1439 H, Ketua Pengadilan Agama Tenggarong, Dr. H. Sukri HC, MH. mendapat giliran pertama untuk memberikan kultum atau siraman rohani kepada seluruh keluarga besar PA Tenggarong serta pelajar dari SMK 1 Tenggarong yang sedang melakukan Praktek Kerja Lapangan di PA Tenggarong.

Dalam kultumnya Dr. H. Sukri HC, MH. berharap jangan sia-siakan bulan Ramadhan saat ini karena belum tentu kita menjumpainya lagi di tahun depan, bukan hanya itu kata beliau bahwa di bulan Ramadhan kita tidak hanya diwajibkan berpuasa tapi juga mendirikan sholat Taraweh dan ibadah-ibadah yang lain.

Selanjutnya beliau menjelaskan tentang 3 amal yang pahalanya tidak terputus atau amal jariyah, yaitu pertama Sedekah Jariyah, sumbangan yang abadi sepanjang zaman dan di contohkan beliau dengan rencana untuk membangun MCK atau Toilet untuk Musholla yang dananya bersumber dari sedekah atau sumbangan dari para pegawai Pengadilan Agama Tenggarong.

Kedua, Ilmu yang bermanfaat maksudnya jika kita sendiri terlebih dahulu mengamalkannya. Kemudian kita ajarkan ke orang lain. Jika orang yang kita ajarkan itu juga mengamalkan ilmunya, insya Allah kita akan mendapat pahala meski kita telah tiada, dan yang Ketiga adalah Anak Soleh yang selalu mendoakan orang tuanya. Beliau mengutarakan sebuah cerita bahwa ada orang tua yang telah meninggal sering makan sendiri di alam sana karena sering mendapat kiriman doa dari anak soleh nya setelah anaknya tiada dia makan bersama-sama yang lain karena tidak ada lagi kiriman doa untuk orang tua tersebut.

Di penghujung ceramahnya, Dr. H. Sukri HC, MH. mengharapkan dan menekankan kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Tenggarong untuk memanfaatkan bulan Ramadhan kali ini sebagai ladang ibadah.